PENYUSUNAN RPJM PULAU SAGORI (OLEH DAN DARI MASYARAKAT PULAU SAGORI)RINGKASAN

By | April 3, 2017

RPJM Dari dan Untuk Masyarakat Pulau Sagori

Roslina

Azhari
Ditetapkannya Pulau Sagori sebagai salah satu pulau lokasi Sail Indonesia pada Agustus 2015 lalu menjadikan pulau tersebut kembali diperhatikan Pemerintah Pusat. Prestasi tersebut kemudian mengundang Kementrian Pariwisata untuk menjajaki potensi Pulau Sagori yang ditindaklanjuti dengan pelaksanaan Lomba Fotografi Tingkat Nasional pada bulan desember 2015 yang pada hakikatnya bertujuan untuk mengeksplorasi keindahan Pulau Sagori ditingkat nasional.
Pengabdian ini dilakukan upaya mengadapi pengembangan Pulau Sagori sebagai desa wisata, maka tim pengabdian mengusulkan program penyusunan Rencana Strategi pengembangan Pulau Sagori sebagai desa wisata.
Penerapan metodeParticipatory Rural Appraisal (PRA) merupakan salah satu strategi untuk memberdayakan masyarakat. PRA menekankan dalamproses pemberdayaan dan peningkatan partisipasi pada keterlibatan masyarakat Pulau Sagori dalam keseluruhan kegiatan perencanaan untuk pengembangan desa wisata.
Diharapkan dengan adanya metode Participatory Rural Apprasial ini, masyarakat merasa lebih diberi kesempatan untuk menuangkan masukan-masukan yang berharga sehingga rencana untuk mengembangkan Pulau Sagori menjadi desa wisata dapat berjalan dengan lancar.
Melalui Participatory Rural Apprasial ini, masyarakat dapat menggali sendiri potensi yang dimilikinya. Dengan keterlibatan ini, masyarakat akan menyadari peran dan tanggung jawabnya serta tidak akan setengah hati lagi mengembangkan pulau mereka.
Diharapkan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah sebagai kerja sama antara Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Pemerintah Kabupaten Bombana; dan warga masyarakat Pulau Sagori menyusun Rencana Strategi pengembangan Pulau Sagori sebagai Desa Wisata.