IbM Kurikulum Paket B

By | May 10, 2017

Zakaria
Roslina

RINGKASAN
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tutor Bahasa Inggris Paket B di Kabupaten Kolaka dalam penyusunan desain pembelajaran Bahasa Inggris berbasis kearifan lokal Paket B. Hal ini dilakukan karena mencermati masalah yang umumnya dihadapi oleh Tutor Paket B di seluruh PKBP pelaksana Paket B di kabupaten Kolaka dalam pembelajaran Bahasa Inggris antara lain (1) tidak adanya kurikulum Bahasa Inggris Paket B yang baku di lingkup kabupaten Kolaka, (2) minimnya pengetahuan tutor Bahasa Inggris Paket B terhadap kurikulum, (3) rendahnya minat dan motivasi tutor Paket B mengajarkan Bahasa Inggris sebagai dampak dari tidak adanya kurikulum yang jelas, (4) rendahnya performa Bahasa Inggris paket B.
Pengabdian ini melipuiti empat tahapan kegiatan yaitu: (1) persiapan (sosialisasi ke kelompok mitra), (2) penentuan peserta sesuai kelompok, (3) pelatihan dan pendampingan, dan (4) partisipasi mitra. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan dan pendampingan ini meliputi : (1) metode partisipatif, (2) kelompok diskusi terarah (FGD) (3) pembagian kelompok kerja, (4) praktik dan latihan di kelas, dan (5) deskripsi kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan . Luaran yang dihasilkan adalah terciptanya satu model panduan pembelajaran Bahasa Inggris Paket B inovatif dan bermakna bagi peserta ajar Paket B.
Kata Kunci: penyusunan, model pembelajaran, Bahasa Inggris, Kearifan Lokal, Paket B, dan tutor Paket B.

IbM Kurikulum Paket BIbM Kurikulum Paket B