PENYUSUNAN SOAL INTERAKTIF BAGI GURU SD, SMP/MTs DAN SMA KECAMATAN BOEPINANG KABUPATEN BOMBANA PROPINSI SULAWESI TENGGARA

By | August 8, 2017

PENYUSUNAN SOAL INTERAKTIF BAGI GURU SD, SMP/MTs DAN SMA KECAMATAN BOEPINANG KABUPATEN BOMBANA PROPINSI SULAWESI TENGGARA

Qammaddin1, Ilham Tahir2

A B S TR A K

Media interaktif merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik sebagai sistem pembelajarannya. Media interaktif merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan media Pembelajaran ini di dasarkan pada fakta bahwasanya pembelajaran konvensional dalam beberapa aspek dirasa kurang menunjang jika dibandingkan dengan cara modern yang menggunakan media ini. Terkait dengan fungsinya sebagai suplemen penunjang metode pembelajaran konvensional, terdapat berbagai elemen penting yang terdapat dalam sistem ini, antara lain: (1). Fasilitas umpan balik (feed-back) berdasar atas respon/jawaban dari peserta tes, (2). Fasilitas yang menampilkan hasil tes/score dan langkah-langkah yang akan diikuti peserta tes berdasar respon/jawaban yang dimasukkan, (3). Fasilitas mengubah teks dan bahasa pada tombol dan label sesuai dengan keinginan pembuat soal, (4). Fasilitas memasukkan suara dan warna pada soal sesuai dengan keinginan pembuat soal, dan (5). Fasilitas hyperlink; yaitu mengirim hasil/score tes ke email atau LMS. (6) Fasilitas pembuatan soal random, (7) Fasilitas keamanan dengan User account/password, (8) Fasilitas pengaturan tampilan yang dapat di modifikasi, dll.

Hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran interaktif pada Guru SD, SMP/MTs, SMA di Kec. Poleang Kabupaten Kolaka dapat memberikan keuntungan baik untuk sekolah, siswa dan guru pada proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran interaktif ini akan sejalan dengan perkembangan teknologi. Dengan media soal-soal interaktif ini pada sekolah dapat menghemat biaya khususnya pada pengadaan naskah soal ujian, peralatan praktek belajar dan infrastruktur alat tulis. Di lain hal, dapat menghemat jam pengajaran guru kepada siswanya sehingga aktivitas sehari-hari tidak terserap sepenuhnya oleh kegiatan sekolah, penguasaan guru terhadap teknologi menjadi semakin berkembang.

Kata Kunci: aplikasi interaktif, pelatihan, manajemen konten.

ISSN  :  2502-2237

Vol. 1 No.2 Hal.01-10

ENJOI 2016

Qammaddin-Jurnal IbM(1)