MENANGKAN PERANG DUNIA KETIGA DENGAN BERSASTERA DALAM MENGAJARKAN BAHASA INGGRIS

By | September 16, 2018

MENANGKAN PERANG DUNIA KETIGA DENGAN BERSASTERA DALAM MENGAJARKAN BAHASA INGGRIS

(Sebuah epilog singkat terhadap kurikulum 2013)

 

Roslina

Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

 

Abstrak

 

Fakta keberadaan sastera baik dalam hal pengapresiasian ataupun pengajaran di Indonesia, masihlah jauh dari yang diharapkan, salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman akan pentingnya pengajaran sastera terhadap masa depan peserta ajar. Makalah ini bertujuan menginspirasi pembaca dalam memahami konteks sastera sebagai modal besar terhadap peserta ajar dalam kehidupannya mendatang dengan memaparkan efek sastera terhadap tiga negarawan besar yaitu Kaloa Laliddong, Mahatma Gandi, dan Soekarno. Makalah ini disusun dari beberapa sumber tertulis, dan dari hasil wawancara dengan pemimpin salah satu ketua Himpunan Mahasiswa Bone ‘La Mellong’. Lebih lanjut, makalah ini secara keseluruhan menegaskan bahwa seorang negarawan mampu membesarkan negaranya karena telah bersentuhannya sang negarawan dengan sastera . Dengan melihat efek tersebut, penulis mengajak pembaca untuk sedini mungkin memikirkan dan mempertimbangkan bahan ajar, dan metode ajar sastera yang akan disampaikan kepada peserta ajar sastera .

 

MENANGKAN PERANG DUNIA KETIGA DENGAN SASTRA-2